Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9048
Title: Pengembangan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan problem centered learning pada pokok bahasan himpunan SMP Kelas VII
Authors: Hutagalung, Sri Ayu Rizky
Keywords: Modul;Problem Centered Learning;Himpunan
Issue Date: 4-Oct-2019
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, respon siswa terhadap bahan ajar berupa Modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Centered Learning pada Pokok Bahasan Himpunan pada kelompok kecil siswa kelas VII-7 SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah kelompok kecil dari siswa kelas VII-7 yang berjumlah 10 orang, dan objek dalam penelitian ini adalah bahan ajar berupa Modul dengan pendekatan Problem Centered Learning pada pokok bahasan himpunan. Model pengembangan Modul yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D yang meliputi pendefenisian (define), perencanaan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate) namun penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (develop). Modul yang telah dibuat memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan penilaian validator yang ditunjukkan dengan menggunakan lembar validasi ahli materi dan ahli media. Hasil validasi ahli media mecapai rata-rata 3,3 dengan kategori sangat valid, dan hasil validasi ahli materi mencapai rata-rata 3,3 dengan kategori valid. Aspek kepraktisan berdasarkan dinilai berdasarkan hasil penelitian siswa memenuhi kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan Modul dengan pendekatan Problem Centered Learning pada pokok bahasan himpunan layak digunakan ditinjau dari aspek kevalidan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9048
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI Sri Ayu Rizky Hutagalung.pdf28.45 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.