Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, respon siswa terhadap bahan
ajar berupa Modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem
Centered Learning pada Pokok Bahasan Himpunan pada kelompok kecil siswa
kelas VII-7 SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan. Adapun subjek dalam penelitian ini
adalah kelompok kecil dari siswa kelas VII-7 yang berjumlah 10 orang, dan objek
dalam penelitian ini adalah bahan ajar berupa Modul dengan pendekatan Problem
Centered Learning pada pokok bahasan himpunan. Model pengembangan Modul
yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D yang meliputi
pendefenisian (define), perencanaan (design), pengembangan (develop) dan
penyebaran (disseminate) namun penelitian ini hanya sampai pada tahap
pengembangan (develop). Modul yang telah dibuat memenuhi kriteria kevalidan
berdasarkan penilaian validator yang ditunjukkan dengan menggunakan lembar
validasi ahli materi dan ahli media. Hasil validasi ahli media mecapai rata-rata 3,3
dengan kategori sangat valid, dan hasil validasi ahli materi mencapai rata-rata 3,3
dengan kategori valid. Aspek kepraktisan berdasarkan dinilai berdasarkan hasil
penelitian siswa memenuhi kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil analisis dan
pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan Modul dengan pendekatan
Problem Centered Learning pada pokok bahasan himpunan layak digunakan
ditinjau dari aspek kevalidan.