Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/8954
Title: Pelaksanaan Bimbingan Belajar Untuk Membantu Siswa Kelas VII Dalam Memahami Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Mudah Dengan Metode Sosiodrama Di MTsN 3 Medan Tahun Ajaran 2018/2019
Keywords: Bimbingan belajar;Bimbingan Kelompok;Metode Sosiodrama;Pemahaman Pembelajaran
Issue Date: 2019
Abstract: Latar belakang dilakukannya penelitian ini yaitu peneliti menemukan beberapa siswa dengan gejala kurangnya pemahaman siswa dalam pembelajaran bahasa inggris, yakni: masih adanya siswa yang tidak memperhatikan ketika guru sedang menjelaskan materi pembelajaran, masih adanya siswa yang bertanya kepada guru dengan pertanyaan yang sama secara berulang kali, masih banyaknya siswa yang belum bisa mendeskripsikan materi pelajaran yang dibahas , masih adanya siswa yang belum mampu melalukan pengucapan bahasa inggris dengan baik. Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tekinik analisis deskriptif terhadap data berupa data hasil pengisian google formulir, lembar pengamatan/observasi, dokumentasi dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan di berikannya layanan konseling pada bidang bimbingan belajar dengan metode sosiodrama dapat membantu siswa dalam memahami pembelajaran bahasa Inggris dengan mudah, hal ini terlihat pada pengumpulan data yang dimulai pada tahap pra-tindakan terlihat bahwa seluruh siswa yang mengikuti kegiatan konseling tidak ada yang mampu menjawab soal yang ada di google formulir dengan tepat, kemudian pada siklus 1, 5 dari 8 siswa mampu menjawaab soal dengan tepat, hal ini berarti sudah ada peningkatan terhadap pemahaman siswa . pada siklus ke 2 seluruh siswa mampu menjawab soal dengan tepat, itu berarti siswa sudah memahami pembelajaran bahasa inggris secara keseluruhan. Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan bimbingan belajar dengan menggunakan metode sosiodrma dapat membantu siswa dalam memahami pembelajaran bahasa Inggris dengan mudah.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/8954
Appears in Collections:Guidance and Counseling



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.