Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/8807
Title: | Penerapan Layanan Konseling Individual Untuk Meningkatkan Pengelolaan Diri Dengan Menggunakan Pendekatan Behavior Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan Tahun Ajaran 2019/2020 |
Authors: | Ariani, Irma Dewi |
Keywords: | Layanan Konseling Individual;Pendekatan Behavior;Pengelolaan diri |
Issue Date: | 21-Oct-2020 |
Publisher: | UMSU |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku siswa dalam meningkatkan pengelolaan diri agar lebih percaya diri dalam menilai positif dirinya dan dapat mengarahkan tingkah lakunya serta dapat menjalin hubungan sosial di lingkungannya dengan menggunakan layanan konseling individu dengan pendekatan behavior. Penelitian ini merupakan tindakan layanan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek kelas VIII di SMP Muhammadiyah 05 Medan dan objek penelitian sebanyak 4 orang siswa yang memiliki masalah pengelolaan diri. Dengan proses pengambilan data dilakukan selama empat minggu, dengan teknik pengumpulan data, obsevasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan ialah mereduksi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan: Pelaksanaan layanan konseling individual dengan pendekatan behavior untuk meningkatkan pengelolaan diri dapat dilihat dari hasil observasi dan wawancara. Dan hal ini dapat dilihat dari perubahan pada perilaku siswa yang sudah dapat meningkatkan percaya diri, mengontrol sikapnya dan masih ada siswa yang masih kurang intensif dalam menjalin hubungan sosial dengan lingkungannya. Adapun tingkat keberhasilan dari hasil penelitian ini berkisar sebesar 92%. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/8807 |
Appears in Collections: | Guidance and Counseling |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI IRMA.pdf | 1.69 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.