Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/8710
Title: Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Penumpang Jasa Transportasi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Medan
Authors: Arisandi, Desi
Keywords: Kualitas Pelayanan
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan penumpang jasa transportasi pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Medan. Pendekatan penelitian ini berupa deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang mengukur kekuatan hubungan antara dua variabel atau lebih. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Medan. Penulis mengambil sampel secara accidental sampling sebanyak 100 pelanggan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Medan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket sedangkat teknik aanalisa data yang digunakan adalah dengan menggunakan regresi linear berganda, uji asumsi klasik, pengujuan hipotesis dan pengujian koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh kualitas pelayanan (X1) terhadap kepuasan penumpang jasa (Y) diperoleh nilai thitung sebesar 3.436 sementara ttabel 1,984 dan mempunyai angka signifikan sebesar 0.001 < 0.05 atau thitung 3.436 > ttabel 1,984. Ada pengaruh fasilitas (X2) terhadap kepuasan penumpang (Y) diperoleh nilai thitung sebesar 4.599 sementara ttabel1,984 dan mempunyai angka signifikan sebesar 0.000 < 0.05 atau thitung 4.559 < ttabel 1,984. Hasil temuan penelitian bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan penumpang. Berdasarkan hasil pengolahan data terlihat bahwa nilai Fhitung (11.237) > Ftabel (2.70) bahwa ada pengaruh signifikan secara simultan antara kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan penumpang. Semakin baik kualitas pelayanan dan fasilitas yang diberikan perusahaan maka akan semakin meningkatnya kepuasan penumpang. Dengan nilai koefisien determinasi (R Square) yang diperoleh sebesar 0.278, hal ini memiliki arti bahwa 27.8% variabel kepuasan penumpang dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan, fasilitas, sedangkan sisanya sebesar 72.2% diterangkan oleh variabel yang tidak diteliti. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa adanya pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas secara simultan terhadap kepuasan penumpang PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Medan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/8710
Appears in Collections:Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI DESI.pdf1.65 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.