Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/8623
Title: Perbandingan Analisa Daya Dukung Dan Penurunan Pondasi Bored Pile Dengan Metode Analitis dan Metode Loading Test Pada Proyek Jalan Tol Medankualanamu-Tebing Tinggi
Authors: Fadhil, Zakaria
Keywords: Daya dukung;Bored pile;Penurunan;Elemen hingga;Loading test
Issue Date: 10-May-2018
Abstract: Pondasi adalah bagian dari suatu sistem rekayasa yang meneruskan beban yang di topang oleh pondasi dan beratnya sendiri kepada tanah dan batuan yang terletak dibawahnya. Sehingga, dalam pemilihan pondasi sangat dibutuhkan pengetahuan tentang jenis tanah, daya dukung ultimit pondasi yang harus lebih besar daripada beban yang bekerja pada pondasi baik beban statik maupun beban dinamik, dan penurunan yang akan ditimbulkan akibat pembebanan tidak boleh melebihi penurunan yang diijinkan, pengendalian mutu menjadi salah satu kunci penting keberhasilan pondasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya dukung pondasi dan mengetahui besarnya penurunan yang terjadi pada pondasi. Pada penelitian ini digunakan metode analitis dan metode elemen hingga menggunakan bantuan program analisis yang kemudian dibandingkan dengan data hasil loading test. Data tanah yang diperoleh berupa data Standard penetration test (SPT) yang dikorelasikan kedalam parameter-parameter tanah yang dibutuhkan dalam perhitungan dengan metode elemen hingga. Berdasarkan data Standard penetration test (SPT), parameter kuat geser tanah dan data pengujian loading test yang diperoleh dan dihitung dengan beberapa metode diperoleh hasil perhitungan untuk data Standard penetration test (SPT) dengan menggunakan metode Mayerhof pada titik BH-1 Qijin = 734 ton, BH-2 Qijin = 665 ton, BH-3 Qijin = 799 ton. Untuk parameter kuat geser tanah menggunakan metode elemen hingga pada pada titik BH-1 Qijin = 611 ton, BH-2 Qijin = 614 ton, BH-3 Qijin = 796,6 ton. Sedangkan untuk data loading test metode Davisson Q = 600 ton dan Mazurkiewicz Q = 700 ton. Untuk penurunan tiang tunggal dihitung menggunakan metode Poulos dan Davis dengan beban 600 ton untuk titik BH-1 S = 14,5 mm, titik BH-2 S = 18,8 mm dan titik BH-3 S = 13.3 mm. Dengan metode elemen hingga titik BH-1 S = 21,78 mm, titik BH-2 S = 28,49 mm dan titik BH-3 S = 23,19 mm. Sedangkan hasil data loading test penurunan S = 15.07 mm.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/8623
Appears in Collections:Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ZAKARIA FADHIL.pdf4.61 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.