Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/819
Title: Hubungan Antara Berpikir Kreatif Dengan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi Oleh Siswa Kelas Vii Smp Pab 2 Helvetia Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020
Authors: Ariska, Ririn
Keywords: Berpikir Kreatif;Keterampilan Menulis;Paragraf Deskripsi
Issue Date: 30-Sep-2019
Abstract: Penelitian ini dilaksanakan di SMP PAB 2 Helvetia Medan tahun pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara berpikir kreatif dengan keterampilan menulis paragraf deskripsi oleh siswa kelas VII SMP PAB 2 Helvetia Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII yang berjumlah 320 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-2 yang berjumlah 40 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian korelasional. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis (menulis paragraf deskripsi subjektif) untuk memperoleh hasil tentang hubungan berpikir kreatif dalam keterampilan menulis paragraf deskripsi subjektif. Uji persyaratan analisis yang digunakan dalam penelitian yaitu uji normalitas, uji linearitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh bahwa data berdistribusi normal. Siswa memperoleh nilai 80-100 sangat baik 30 orang(75%), siswa yang memperoleh nilai 70-79 baik 9 orang (22,5%), dan nilai 60-69 cukup 1 orang ( 2,5%). Perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi Product Moment pada taraf signifikasi 0,05 menunjukkan nilai r hitung > r tabel yakni 0,666 > 0,304. Dengan demikian Hipotesis dalam penelitian ini yaitu ada Hubungan antara Berpikir Kreatif dengan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi Subjektif oleh siswa kelas VII SMP PAB 2 Helvetia Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/819
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_RIRIN ARISKA.pdfFulltext9 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.