Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/804
Title: Pengaruh Media Bimbingan Konseling Terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas VIII SMP Ali Imron Tahun Pembelajaran 2017/2018
Authors: Ardianty, Hanny
Keywords: Media Bimbingan Konseling;Motivasi Belajar
Issue Date: 19-Mar-2018
Abstract: Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh media bimbingan konseling terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Ali Imron tahun pembelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media bimbingan konseling terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Ali Imron tahun pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Ali Imron. Adapun populasi sampel pada penelitian ini adalah berjumlah 27 orang yang terdiri dari kelas VIII. Data yang diambil menggunakan instrument angket skala likert yang berjumlah 18 item yang kemudian di uji validitas sehingga mendapatkan 10 item pernyataan untuk menjaring data media bimbingan konseling dan 20 item pernyataan untuk menjaring data motivasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh hasil perhitungan korelasi rhitung= 0,684 dan rtabel 0,266 jadi rhitung > rtabel ( 0,684 > 0,266 ). Dengan demikian terdapat pengaruh yang kuat antara media bimbingan konseling terhadap motivasi belajar. Berdasarkan nilai determinasi diperoleh nilai sebesar 46,78%. Dari hasil penelitian ini diperoleh thitung = 6,426, sedangkan ttabel dengan α = 5%. Dengan demikian diperoleh thitung sebesar 6,426 sedangkan ttabel sebesar 2,005 berarti thitung > ttabel atau 6,426 > 2,005. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang benar yang mana Ha diterima dan Ho ditolak. Ini berarti terdapat pengaruh media bimbingan konseling terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Ali Imron tahun pembelajaran 2017/2018.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/804
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
42. SKRIPSI HANNY ARDIANTY.pdf768.92 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.