Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/8011
Title: Meningkatkan Rasa Empati Siswa Kelas Viii Menggunakan Pendekatan Psikoanalisa Melalui Layanan Konseling Individual Pada Sekolah Smp Swasta Imelda Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018
Authors: Pane, Devi Triani
Keywords: Pendekatan Psikoalanlisa Melalui Layanan Konseling Individual;Rasa Empati
Issue Date: 5-Feb-2018
Abstract: Layanan Konseling Individual meyakini manusia dapat menentukan dan memilih tjngkah lakunya sendiri. Bahwa setiap individu harus bertanggung jawab dan bersedia menerima konsekuensi dari tingkah lakunya. Dan bertanggung jawab bukan hanya pada apa yang dilakukannya melainkan apa yang difikirkannya. Pernyataan tersebut mengandung makna bahwa individu itu, apabila menginginkan apa yang diinginkan dan mencapai identitas keberhasilan, ia harus bertanggung jawab menjalin hubungan yang bermakna dengan Iingkungannya. Penelitian ini dilaksanakan di smp swasta Imelda medan yang beralamatkan di jl. Bilal No. 52 Medan Timur, Kota Madya Medan, Sumatera Utara, Indonesia. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan rasa empati menggunakan pendekatan psikoanalisa melalui layanan konseling individual di kelas VIII SMP Swasta Imelda Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan layanan bimbingan kelompok untuk mengatasi rasa empati siswa yang betmasaiah pada siswa SMP Swasta Imelda Medan. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa-siswa kelas VIII SMP Swasta Imelda Medan. Sedangkan objek penelitian ini adalah siswa kela VIII SMP Swasta Imelda Medan yang berjumlah 5 orang. Dalam penelitian ini menggunakan kualitatif deskriftif. Berdasarkan hasil analisis data dan interprestasi data yang peneliti lakukan dapat disimpulkan . pendekatan psikoanalisa melalui layanan konseling individual adalah solusi yang paling tepat dalam meningkatkan rasa empati siswa yang kurang baik, karena mengingat masalah tersebut memang harus dilakukan dengan mengembaiikan prilaku yang menyimpang dengan membuat perencanaan prilaku yang harus dilakukan oleh siswa itu sendiri, guru bimbingan dan konseling memberikan penjelasan cara bagaimana mengatasi rasa empati siswa yang kurang baik dan untuk melakukan itu harus dilakukan kegiatan pendekatan psikoanalisa melalui layanan konseling individual.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/8011
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI FULL.pdf1.62 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.