Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7889
Title: Penerapan Pemberian Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Rasional Emotive Therapy Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi Siswa Kelas XI SMAN 1 Barumun Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Authors: Harahap, Afnita Suryani
Keywords: Layanan Konseling Kelompok;Pendekatan Rasional Emotive Therapy;Meningkatkan Kecerdasan Emosi
Issue Date: 20-Sep-2018
Abstract: enelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas gambaran kecerdasan emosi siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok dengan pendekatan rasional emotive therapy dalam meningkatkan kecerdasan emosi siswa. Tingkat kecerdasan emosi siswa sebelum dilakukan konseling kelompok dengan pendekatan rasional emotive therapy berada pada kategori sangat rendah. jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif . Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri yang terlibat langsung melakukan layanan konseling kelompok dengan pendekatan rasional emotive therapy bekerjasama dengan guru bimbingan dan konseling yang ada di SMAN 1 Barumun dengan subjek seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Barumun Tahun Pembelajaran 2018 / 2019. Objek dalam penelitian ini adalah 10 orang siswa kelas XI yang tingkat kecerdasan emosinya rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan angket sebagai alat latihan. Adapun teknik analisis data pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kecerdasan emosi setelah dilakukan konseling kelompok dengan teknik rasional emotive therapy dengan melihat hasil angket latihan kecerdasan emosi yang menunjukkan bahwa 10 orang siswa yang menjadi objek penelitian sudah dapat meningkatkan kecerdasan emosi dan mengendalikanya dimana keberhasilan dalam menjawab angket tersebut adalah 70 /0
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7889
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI FULL.pdf1.75 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.