Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7874
Title: Meningkatkan Kontrol Diri Dalam Interaksi Sosial Melalui Layanan Bimbingan Kolompok Pada Siswa Kelas XI TKJ 2 SMK Muhammadiyah 04 Medan Tahun Ajaran 2018/2019
Authors: Misriani
Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok;Kontrol diri;Interkasi Sosial
Issue Date: 18-Sep-2019
Abstract: Permasalahan yang terjadi pada siswa kelas XI TKJ 2 ialah terdapat beberapa siswa yang kurang mengontrol diri dalam berinteraksi sehingga mudah terpancing emosinya serta mengejek teman sehingga dapat mengakibatkan perkelahian. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk meningkatkan kontrol diri dalam interkasi sosial melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas XI TKJ 2 SMK Muhammadiyah 04 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Metode penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif dengan mengunakan tahap – tahap layanan bimbingan kelompok untuk melihat perubahan siswa selama pemberian layanan. Subjek penelitian ialah seluruh siswa kelas XI TKJ 2 yang berjumlah 38 siswa, sedangkan objek penelitian ini berjumlah 7 siswa yang sesuai dengan kreteria kurangnya kontrol diri dalam interaksi sosial. Instrumen penelitian mengunakan instrumen observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah dilakukannya penelitian, maka didapatkan hasil penelitian bahwa layanan bimbingan kelompok mampu meningkatkan kontrol diri dalam interaksi sosial siswa kelas XI TKJ 2 SMK Muhammadiyah 04 Medan Tahun Ajaran 2018/2019, dengan data evaluasi layanan ke I masih rendah hal ini berdasarkan observasi, dan data hasil evaluasi layanan ke II meningkat berdasarkan observasi dari 7 orang yang mengikuti kegitan layanan bimbingan kelompok ada 5 orang siswa yang berarti siswa sudah memahami dan sudah mampu meningkatkan kontrol diri dalam interaksi sosial. Hal ini dapat dipersenkan ada 70% peningkatannya.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7874
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_MISRIANI.pdf6.13 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.