Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7831
Title: Analisa Hubungan Geometrik Jalan Terhadap Kecelakaan Lalulintas Studi Kasus Ruas Jalan Lintas Sumatera Kabupaten Labuhan Batu
Authors: wiryo, Dwi onto
Keywords: Kecelakaan lalu lintas;EAN
Issue Date: 20-Mar-2019
Abstract: Jalan Lintas Sumatera Kabupaten Labuhan Batu merupakan jalan penghubung Kota Rantau Prapat dan Kota Aek Kanopan. Sebagai jalan dengan LHR yang tinggi, tidak jarang pada ruas jalan tersebut terjadi kecelakaan lalulintas yang mengakibatkan korban jiwa maupun materi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui lokasi daerah rawan kecelakaan (blackspot), mengetahui hubungan antara nilai EAN dengan jari-jari tikungan, jarak pandang henti, derajat kelengkungan, serta mengetahui hubungan perubahan V/C rasio dengan angka kecelakaan. Tahapan analisis lokasi daerah rawan kecelakaan dengan menggunakan metode EAN. Didapat nilai jari-jari tikungan pada tikungan horizontal 1 sampai 4 yaitu 118,25, 94,115, 131,09, dan 80,61. Didapat pula nilai derajat kelengkungan yaitu 12,11 , nilai jarak pandang henti yaitu 29,42, 30,65, 26,89, 28,82, nilai kebebasan pandang yaitu 5,912, 7,344, 5,375, 8,545, nilai volume lalulintas pada 2014 sampai 2018 yaitu 1.104.151, 1.125.572, 1.162.482, 1.161.834 dan 1.152.254, dan juga nilai kapasitas jalan (smp/jam) yaitu 5.820. Kemudian untuk mengetahui hubungan geometrik jalan Lintas Sumatera Kabupaten Labuhan Batu dengan tingkat kecelakaan dilakukan dengan analisis regresi linier. Hasil analisis diketahui lokasi daerah rawan kecelakaan lalulintas di ruas jalan Lintas Sumatera Kabupaten Labuhan Batu terletak pada lengkung horizontal 2 dan 4 dengan nilai EAN lebih besar dari EAN kritis yaitu 290 > 235,59 dan 395 > 235,59. Kemudian dari hasil analisis regresi linier hubungan geometrik jalan Lintas Sumatera Kabupaten Labuhan Batu dengan perubahan nilai variansi EAN, yang paling berpengaruh terhadap perubahan nilai variansi EAN yaitu jarak pandang henti. Hal ini bisa dilihat dari nilai R 0 0 0 , 15,21 0 , 10,93 , 17,77 2 > 0,5) yaitu 0,9309. Sedangkan Untuk hubungan antara V/C rasio dengan angka kecelakaan diperoleh nilai R 2 yang relatif besar (R besar yaitu 0,0678 yang menunjukan tidak ada pengaruh perubahan V/C rasio terhadap angka kecelakaan
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7831
Appears in Collections:Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi.pdf1.43 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.