Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7813
Title: Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Behavioral Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019
Authors: Furi, Fanni Lestia
Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok;Pendekatan Behavior
Issue Date: 19-May-2019
Abstract: Permasalahan dalam peneliti ini adalah Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dengan penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Behavior Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus 2019, bertempat di kelas VIII-3 SMP Muhammadiyah 1 Medan. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif. Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tekinik analisis deskriptif terhadap data berupa data hasil pengisian google formulir, lembar pengamatan/observasi, dokumentasi dan hasil wawancara dengan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diberikannya layanan bimbingan kelompok terjadi peningkatan motivasi belajar bagi siswa dengan menggunakan alat google from yaitu dari sebanyak 8 siswa dikategorikan rendah dengan persentase 47% - 54% dan 2 siswa dikategorikan sangat rendah dengan persentase 29% - 31%. Siklus I terdapat 1 orang siswa dikategorikan sangat rendah dengan persentase 43%, sebanyak 5 siswa dalam kategori rendah dengan persentase 46% - 65%, dan 1 orang siswa lainnya masuk pada kategori tinggi yaitu dengan persentase 68%. Siklus II hanya terdapat 2 orang siswa dalam kategori rendah dengan persentase 50% – 51%, kemudian sebanyak 4 siswa telah dikategorikan tinggi dengan persentase 67% - 85%, serta 1 orang siswa telah mencapai kategori sangat tinggi dengan hasil persentase 89%. Disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan behavior menggunakan hasil google from dapat meningkatkan motivasi belajar siswa
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7813
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Fani Lestia Furi (1502080036).pdf3.02 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.