Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7772
Title: Penerapan Layanan Konseling Individual dengan Teknik Johari Window untuk Meningkatkan Self Awareness Siswa Kelas XI MAS LAB IKIP AL-Washliyah Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019
Authors: Dena, Ravella
Keywords: Konseling Individual;Teknik Johari Window;Self Awareness
Issue Date: 20-May-2019
Abstract: Konseling Individual adalah layanan bimbingan dan konseling yang membantu peserta didik untuk menyelesaikan permasalahannya baik pribadi amupun sosial dengan langsung bertatap muka antara peserta didik (konseli) dengan guru pembimbing (konselor). Dalam hal ini guru pembimbing membahas berbagai permasalahan yang sedang dialami konseli dengan tujuan untuk mengentaskan permasalahan peserta didik dengan secepatnya. Teknik Johari Window merupakan jendela Johari yang membantu siswa dalam memahami dirinya serta orang lain. Self Awareness atau kesadaran diri merupakan aspek yang sangat penting untuk diketahui oleh individu usia remaja dalam membantu pembentukan identitas diri remaja dalam mencapai kematangan karir. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Swasta Laboratorium IKIP AL-Washliyah Medan, Provinsi Sumatera Utara. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana teknik Johari Window dalam meningkatkan Self Awarenesspada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Laboratorium IKIP AL-Washliyah Medan. Objek dalam penelitian ini adalah 3 orang dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dan layanan yang digunakan menggunakan Layanan Konseling Individu serta dengan Teknik Johari Window. Dapat disimpulkan bahwa hasil dari pelaksanaan konseling individual dapat meningkatkan Self Awareness siswa.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7772
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi PDF DENA RAVELLA.pdf1.6 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.