Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7631
Title: Analisa Kegagalan Fatigue Pada Batang Penghubung Sepeda Motor
Authors: Roza, Fachrur
Keywords: connecting rod;tegangan von mises;faktor keamanan;solidwork 2014
Issue Date: Mar-2019
Abstract: Kemajuan teknologi sekarang ini telah menghasilkan berbagai kreasi dalam segala hal yang bertujuan memudahkan segala aktifitas manusia. Ada berbagai sarana transformasi tersedia, mulai dari darat, udara, dan laut. Kendaraan yang diproduksi massal di negara kita umumnya kendaraan darat, salah satunya sepeda motor. Connecting rod merupakan komponen mesin yang berperan untuk mengubah gerakan resiprok (maju mundur/ turun naik) piston menjadi gerakan berputar (rotary) pada poros engkol. Dalam tugas akhir ini, menganalisa distribusi tegangan dan defleksi connecting rod dengan daya 6 HP menggunakan metode elemen hingga. Connecting rod yang dianalisa adalah connecting rod sepeda motor honda supra X 125CC. Adapun material dari connecting rod ini ialah AISI 1045 cold drawn dengan kekuatan luluh (𝜎𝑦) = 5.3 𝑒 + 008𝑁/𝑚𝑚2 . Tujuan tugas akhir ini adalah untuk menganalisa tegangan yang terjadi pada connecting rod setelah dipengaruhi oleh tekanan statis. Setelah itu mencari tegangan Von Mises dan faktor keamanan (factor of Safety) untuk mengetahui connecting ini dalam keadaan aman atau tidak dengan bantuan dari software Solidwork 2014. Setelah dilakukan analisa didapat bahwa tegangan Von Mises maksimum yang terjadi yaitu sebesar 540.781e + 008 N/𝑚2 . Dari hasil tersebut dapat dilihat nilai tegangan Von Mises berada dibawah batas izin tegangan yield material baja AISI 1045 sehingga connecting rod ini dapat dikatakan dalam keadaan aman.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7631
Appears in Collections:Mechanical Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI FACHRUR ROZA.pdf1.73 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.