Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/740
Title: Penerapan Bidang Bimbingan Belajar Untuk Mengatasi Kejenuhan Melalui Pendekatan Behavioral Pada Siswa Kelas X Smk Raksana Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019
Authors: Arif Basuki, Muhammad
Keywords: Bidang Bimbingan Belajar;Pendekatan Behavioral;Kejenuhan Belajar
Issue Date: 3-Oct-2019
Abstract: Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengatasi kejenuhan belajar yang dimana peneleliti melihat banyaknya siswa yang mengalami kejenuhan dalam belajar. Fenomena yang dijumpai dilapangan dalam belajar ialah durasi jam belajar yang cukup panjang setiap harinya dan dibarengi dengan mata pelajaran yang cukup banyak dan cukup berat dan adanya keletihan yang dapat menyebabkan kejenuhan belajar kepada siswa. Jenis dalam peenlitian ini ialah jenis penelitian tindakan kelas , yang dimana objek dalam penelitian ini ialah siswa yang mengalami kejenuhan dalam belajar pada kelas otomotif 1 dan 2 dengan dua siklus dan kegiatan pra tindakan pada sebelumnya, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tekinik analisis deskriptif terhadap data berupa data hasil pengisian google formulir, lembar pengamatan/observasi, dokumentasi dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diberikannya Bidang Bimbingan Belajar Untuk Mengatasi Kejenuhan Melalui Pendekatan Behavioral Pada Siswa yaitu dari pra tindakan sebanyak 13 siswa dikategorikan sangat rendah dengan persentase 26% - 45% , pada siklus I dapat dikategorikan pada kategori rendah dengan persentase 46% - 65% , dan siklus II mendapatkan kategori tinggi dengan persentase 66% - 85% . Disimpulkan bahwa Bidang Bimbingan Belajar Untuk Mengatasi Kejenuhan Melalui Pendekatan Behavioral dapat mengatsi kejenuhan belajar siswa.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/740
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
35. Muhammad Arif Basuki (1502080011).pdf2.71 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.