Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7323
Title: Aspek Edukasi Dalam Tayangan Serial Kartun Tayo The Little Bus di RTV (Studi Semiotika Film Tayo The Little Bus)
Authors: Chairiah, Anggi
Keywords: Serial animasi;Edukasi;Semiotika
Issue Date: 20-Mar-2019
Abstract: Media yang saat ini diterima sebagai kekuatan proses komunikasi yaitu televisi. Televisi merupakan media massa yang paling banyak dimanfaatkan masyarakat sebagai sarana hiburan, informasi, dan juga edukasi. Dengan media audio-visual dimaksudkan sebagai media yang menyiarkan informasi yang dapat ditangkap baik dengan indera mata maupun indera telinga, seperti film atau serial kartun. Serial kartun dapat memberi dampak positif dengan mengemas nilai edukasi disetiap adegan dan dialognya. Salah satu serial kartun yang menarik bagi peneliti adalah serial kartun Tayo The Little Bus. Animasi atau kartun ini disetiap episode bercerita tentang keseharian aktivitas mobil di jalan raya dengan menanamkan rasa tanggung jawab, kedisiplinan dan taat pada aturan lalu lintas. Analisis aspek edukasi dalam tayangan serial kartun tayo diteliti dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis semiotika Roland Barthes berupa signifier (penanda), signified (pertanda), dan mitos dengan data berupa dialog dan adegan pada tayangan kartun Tayo The Little Bus hanya pada pekan ke 4 (empat) bulan Desember 2018. Hasil penelitian ini menemukan bahwa nilai edukasi yang ditampilkan mengajarkan siapapun terutama anak untuk senantiasa mengamalkan kebaikan yang dapat dilakukan dimana saja, dalam keadaan apa saja, dengan siapa saja, dan menanamkan hal-hal kebaikan agar tercerminnya sikap rendah hati dan membentuk kepribadian seseorang terutama anak menjadi lebih baik juga bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7323
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ANGGI CHAIRIAH.pdf4.22 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.