Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/701
Title: Tingkat Kepuasan Peserta Bpjs Terhadap Pelayanan Diabetes Melitus Di Puskesmas Medan Teladan
Authors: Suhadayanti, Rizki
Keywords: Kepuasan Pasien;BPJS Kesehatan;Puskesmas;Mutu Pelayanan
Issue Date: 1-Feb-2017
Abstract: Latar belakang: Pelayanan kesehatan pada era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang sesuai dengan harapan pasien. Puskesmas dalam alur pelayanan kesehatan merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan primer sebelum pasien mendapatkan rujukan ke pelayanan tingkat lanjutan. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan peserta BPJS terhadap pelayanan diabetes melitus di Puskesmas Medan Teladan. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan kuesioner terhadap 100 responden. Teknik analisa data menggunakan statistik deskriftif dan metode Customer satisfaction index (CSI). Hasil Penelitian : Berdasarkan metode Customer satisfaction index (CSI) didapatkan bahwa tingkat kepuasan peserta BPJS dalam tiap dimensi kehandalan 57%, daya tanggap 57%, jaminan 56%, penampilan 59,25%, dan empati 61,50%. Kesimpulan : Kepuasan pasien pada pelayanan diabetes melitus di Puskesmas Medan Teladan (58,75%), skor ini dengan metode CSI termasuk dalam kategori puas. Namun, berdasarkan standart BPJS termasuk kategori tidak puas.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/701
Appears in Collections:Medical science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
2. ABSTRAK.pdf15.17 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.