Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6768
Title: ANALISIS PEMASARAN JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia) (Studi Kasus : Desa Gunung Monako Kecamatan Sipispis Kabupaten Serdang Berdagai)
Authors: Frissilia, Irfa
Keywords: Jeruk nipis;saluran pemasaran;margin pemasaran;efisiensi
Issue Date: Mar-2019
Abstract: Berdasarkan hasil penelitian, terdapat tiga saluran pemasaran (1) Petani – Pedagang Pengumpul –Pedagang Besar – Pedagang Pengecer – Konsumen. (2) Petani – Pedagang Besar – Pedagang Pengecer – Konsumen. (3) Petani – Pedagang Pengumpul – Pedagang Besar – Agen Luar Kota/Luar Negeri. Untuk margin pemasaran pada penelitian dapat diketahui terdapat perbedaan yang sangat besar disetiap saluran pemasaran, semakin panjangnnya lembaga pemasaran maka tingkat harga dari petani akan semakin jauh, seperti pada saluran I besarnya margin Rp.4500,-/kgnya. Untuk saluran kedua besarnya margin Rp.4000,-/kgnya. Sedangkan pada saluran ketiga tidak diketahui selisih harga sampai ke konsumen, karena di daerah penelitian untuk pengiriman produksi jeruk nipis hanya dari pedagang besar ke agen luar kota atau luar negeri dan itu juga mempunyai selisih harga yang besar, dengan margin pemasaran Rp.2500,-/kg. Untuk tingkat efisiensi pemasaran pada penelitian dari tiga saluran pemasaran, ada yang efisien dan kurang efisien. Untuk saluran pemasaran kedua termasuk kedalam efisien karena persentase 29% dimana masih dibawah 33%. Dan untuk saluran pemasaran pertama dan ketiga termasuk kedalam kurang efisien karena persentase diatas 33% yaitu 34% dan 35%. Besarnya efisiensi pada saluran pemasaran dapat dilihat dari panjangnya saluran pemasaran. Semakin panjang saluran pemasaran, maka semakin tidak efisien.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6768
Appears in Collections:Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI IRFA.pdf1.1 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.