Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6745
Title: ANALISIS PEMASARAN KELAPA SAWIT RAKYAT (STUDI KASUS : DESA ASAM JAWA KECAMATAN TORGAMBA KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN)
Authors: Wibowo, Hari Ridho
Keywords: Kelapa Sawit;Saluran Pemasaran;Marjin;Distribusi Marjin;Farmer Share;Efisiensi Pemasaran
Issue Date: Oct-2019
Abstract: Kelapa Sawit merupakan sektor unggulan utama di Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Terdapat luas total wilayah Kabupaten Labuhanbatu Selatan sebesar 162.549 Ha atau sekitar 52,17%. Saluran Pemasaran yaitu saluran distribusi untuk menggelar, menjual, atau menyampaikan produk fisik atau jasa kepada pelanggan atau pengguna yang mencakup pedagang grosir, pengecer dan agen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana saluran pemasaran kelapa sawit rakyat, untuk mengetahui berapa besar margin pemasaran, distribusi marjin dan farmer share kelapa sawit rakyat dan untuk mengetahui bagaimana tingkat efisiensi pemasaran kelapa sawit rakyat di Desa Asam Jawa Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Studi Kasus (Case Study) dengan pemilihan lokasi penelitian secara Sengaja (Purposive) berada di Desa Asam Jawa Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Metode penarikan sampel menggunakan Simple Random Sampling dengan cara Sensus sebanyak 30 Petani, 2 Pedagang Pengumpul, 1 Pedagang Besar dan Pabrik. Data yang dikumpulkan meliputi data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan analisis saluran pemasaran, marjin, distribusi marjin, Farmer Share dan Efisiensi pemasaran. Hasil perhitungan dari penelitian yaitu Saluran pemasaran I melibatkan Petani - Pedagang Pengumpul –Pabrik. Saluran pemasaran II melibatkan: Petani - Pedagang Besar- Pabrik dan Saluran Pemasaran III melibatkan Petani- Pabrik. Besarnya margin saluran I sebesar Rp 195/Kg, margin saluran II sebesar Rp. 90/Kg. Efisiensi pemasaran saluran I sebesar 13.18%, saluran II sebesar 7.27% dan saluran III sebesar 8.64%. Saluran pemasaran tingkat II dianggap lebih efisien dibanding saluran pemasaran Idan saluran III dikarenakan nilai Ep saluran pemasaran yang tingkat II lebih kecil.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6745
Appears in Collections:Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf1.01 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.