Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6656
Title: | Pengaruh Media Film Pendek Berjuang Untuk Pendidikan Terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Oleh Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah 02 Medan Tahun Pembelajaran 2019-2020. |
Authors: | Yulia, Dina |
Keywords: | Pengaruh Media Film;Pendek Berjuang;Pendidikan terhadap Kemampuan;Naskah Drama oleh siswa |
Issue Date: | 10-Oct-2019 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media film pendek Berjuang untuk Pendidikan terhadap kemampuan menulis naskah drama. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 02 Medan yang berjumlah 66. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII B yang berjumlah 35 siswa. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes menulis naskah drama dengan One Group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media film pendek Berjuang Untuk Pendidikan layak digunakan dalam pembelajaran menulis naskah drama di kelas VIII SMP Muhammadiyah 02 Medan. Diketahui hasil nilai rata-rata untuk kemampuan menulis naskah drama siswa pada tahap sebelum menggunakan media film pendek Berjuang Untuk Pendidikan tergolong pada kategori kurang dengan nilai rata-rata 60,14 dibandingkan dengan tahap sesudah menggunakan media film pendek Berjuang Untuk Pendidikan yang dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 79,14. Hasil pengujian hipotesis data diperoleh thitung lebih besar ttabel yakni yakni 13,32 > 2,03. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan media film pendek Berjuang Untuk Pendidikan terhadap kemampuan menulis naskah drama. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6656 |
Appears in Collections: | Indonesian Language Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI YULI MELINDA.pdf | 2.86 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.