Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media film pendek Berjuang
untuk Pendidikan terhadap kemampuan menulis naskah drama. Populasi penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 02 Medan yang berjumlah 66.
Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII B yang berjumlah 35 siswa. Metode
penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif. Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes menulis naskah drama dengan One
Group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa
media film pendek Berjuang Untuk Pendidikan layak digunakan dalam
pembelajaran menulis naskah drama di kelas VIII SMP Muhammadiyah 02
Medan. Diketahui hasil nilai rata-rata untuk kemampuan menulis naskah drama
siswa pada tahap sebelum menggunakan media film pendek Berjuang Untuk
Pendidikan tergolong pada kategori kurang dengan nilai rata-rata 60,14
dibandingkan dengan tahap sesudah menggunakan media film pendek Berjuang
Untuk Pendidikan yang dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 79,14. Hasil
pengujian hipotesis data diperoleh thitung lebih besar ttabel yakni yakni 13,32 >
2,03. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan media
film pendek Berjuang Untuk Pendidikan terhadap kemampuan menulis naskah
drama.