Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6144
Title: Pengaruh Model Mind Mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa SMP Muhammadiyah 08 Medan T.P 2019/2020
Authors: Siska
Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis;Model Mind Mapping
Issue Date: 1-Oct-2019
Abstract: Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu apakah ada pengaruh penggunaan model mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 08 Medan T.P 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 08 Medan T.P 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain true experimental berbentuk the randomized pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 08 Medan yang berjumlah 66 orang, yaitu 33 orang siswa kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan 33 orang siswa VIII-B sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Hasil penelitian dilihat dari uji hipotesis dengan uji-t diperoleh harga ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” (3,381) dan ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ (1,998), setelah dibandingkan ternyata ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” (3,381) > ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ (1,998) sehingga ๐ป0 ditolak. Hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan dari model mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 08 Medan T.P 2019/2020 dengan pengaruh sebesar 88%.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6144
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SISKA.pdf3.8 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.