Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu apakah ada pengaruh penggunaan
model mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa
kelas VIII SMP Muhammadiyah 08 Medan T.P 2019/2020. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model mind
mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa kelas VIII
SMP Muhammadiyah 08 Medan T.P 2019/2020. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode eksperimen dengan desain true experimental berbentuk
the randomized pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 08 Medan yang berjumlah 66
orang, yaitu 33 orang siswa kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan 33 orang
siswa VIII-B sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji
prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Hasil penelitian
dilihat dari uji hipotesis dengan uji-t diperoleh harga 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 (3,381) dan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙
(1,998), setelah dibandingkan ternyata 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 (3,381) > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (1,998) sehingga
𝐻0 ditolak. Hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan dari model mind mapping
terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah 08 Medan T.P 2019/2020 dengan pengaruh sebesar 88%.