Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6140
Title: Pengaruh Media Tayang Bangau dan Kepiting terhadap Kemampuan Menulis Teks Fabel pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 02 Medan Tahun Pembelajaran 2019-2020
Authors: Purnomo, Debby Seftiani
Keywords: Media Tayang;Bangau dan Kepiting;Kemampuan Menulis;Teks Fabel
Issue Date: 11-Oct-2019
Abstract: Masalah penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam menulis teks fabel karena tidak adanya media pendukung dalam pembelajaran yang mumpuni. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media tayang Bangau dan Kepiting terhadap kemampuan menulis teks fabel pada siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 02 Medan Tahun Pembelajaran 2019-2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 02 Medan. Sampel penelitian ini adalah siswa dari kelas VIII A yang berjumlah 31 siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur keberhasilan media ini adalah tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan siswa dalam menulis teks fabel sebelum menggunakan media tayang Bangau dan Kepiting dengan rata-rata 62,41 termasuk dalam kategori cukup. Sedangkan kemampuan siswa dalam menulis teks fabel sesudah menggunakan media tayang Bangau dan Kepiting dengan rata-rata 75,48 termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan uji t diketahui dari nilai thitung > ttabel yaitu 7,49 > 2.04 dengan ini hipotesis terbukti diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media tayang Bangau dan Kepiting terhadap kemampuan menulis teks fabel pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 02 Medan Tahun Pembelajaran 2019-2020.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6140
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI DEBBY SEFTIANI PURNOMO.pdf7.77 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.