Abstract:
Masalah penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam menulis teks fabel karena tidak adanya media pendukung dalam pembelajaran yang mumpuni. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media tayang Bangau dan Kepiting terhadap kemampuan menulis teks fabel pada siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 02 Medan Tahun Pembelajaran 2019-2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 02 Medan. Sampel penelitian ini adalah siswa dari kelas VIII A yang berjumlah 31 siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur keberhasilan media ini adalah tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan siswa dalam menulis teks fabel sebelum menggunakan media tayang Bangau dan Kepiting dengan rata-rata 62,41 termasuk dalam kategori cukup. Sedangkan kemampuan siswa dalam menulis teks fabel sesudah menggunakan media tayang Bangau dan Kepiting dengan rata-rata 75,48 termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan uji t diketahui dari nilai thitung > ttabel yaitu 7,49 > 2.04 dengan ini hipotesis terbukti diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media tayang Bangau dan Kepiting terhadap kemampuan menulis teks fabel pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 02 Medan Tahun Pembelajaran 2019-2020.