Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5932
Title: Penerapan Model Pembelajaran Explicit Intruction Berbantu Media CD Tutorial Dalam Pembelajaran Akuntansi di SMK Negeri 1 Stabat Tahun Ajaran 2018/2019
Authors: Mawarti, Devi
Keywords: Model Explicit Intuction;CD tutorial;Jurnal Umum;Hasil Belajar
Issue Date: Oct-2019
Abstract: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model explicit intruction berbantu media CD tutorial terhadap hasil belajar siswa pada materi jurnal umum. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen dengan melibatkan 35 siswa kelas XI Akuntasni sebagai sampel di SMK Negeri 1 Stabat. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh gambaran bahwa : (1) sebelum penerapan model explicit intruction , skor rata-rata hasil belajar siswa yaitu 69,5 yang tergolong kategori rendah. Sementara setelah penerapan model explicit intuction berbantu media CD tutorial skor rata-rata hasil belajar siswa 85 yang tergolong kategori tinggi; (2) persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 100 % yang memenuhi kriteria ketuntasan hasil belajar secara klasikal. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran explicit intruction berbantu media CD tutorial dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi jurnal umum kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1Stabat. Dengan demikian, model explicit intruction merupakan alternatif perbaikan pembelajaran dimana materi jurnal umum diajarkan secara terstruktur dan siswa diberi penguatan berupa CD yang didalamnya berisi mater jurnal umum.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5932
Appears in Collections:Accounting Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
DEVI MAWARTI.pdf1.94 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.