Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5927
Title: PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI AK SMK HARAPAN MEKAR 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020
Authors: Siregar, Fauziah Riski Nanda
Keywords: Pengaruh Motivasi Belajar;Status Sosial Ekonomi Orang tua;Minat Melanjutkan Perguruan Tinggi
Issue Date: Sep-2019
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui (1) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi (2) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi (3) Pengaruh Motivasi Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua secara bersamasama terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AK SMK Harapan Mekar 2 Medan Tahun pembelajaran 2019/2020 berjumlah 26 siswa.Pengumpulan data dengan metode angket atau kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis berganda dengan menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian ini adalah (1) Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Minat Melanjutkan Studi Keperguruan Tinggi diperoleh nilai koefisien regresi 0,416, dan nilai signifikansi 0,026 dengan nilai thitung 2,383>2.068 ttabel berdasarkan kesimpulan semakin tinggi motivasi belajar siswa semakin tinggi minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. (2) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XI AK SMK Harapan Mekar 2 Medan. Diperoleh nilai koefisien regresi 0,416. nilai signifikansi 0,044 dengan nilai thitung 2,134>2.068 ttabel berdasarkan kesimpulan semakin tinggi status sosial ekonomi orang tua maka semakin tinggi minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. (3) pengaruh motivasi belajar dan status sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI AK SMK Harapan Mekar 2 Medan sebesar 34,9% (0,349 x 100% ) dan sisanya 65,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5927
Appears in Collections:Accounting Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Fauziah Riski Nanda Srg Skripsi.pdf17.82 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.