Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5921
Title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI SMK NEGERI 6 MEDAN T.P 2019/2020
Authors: Silitonga, Elida Pretty
Keywords: Prestasi Belajar;Model Pembelajaran Artikulasi
Issue Date: Sep-2019
Abstract: Rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah dengan penerapan model pembelajaran Artikulasi pada pembelajaran Akuntansi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI AK 1 SMK Negeri 6 Medan T.P 2019/2020”. Tujuan penelitian ini adalah “Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Artikulasi pada mata pelajaran Akuntansi kelas XI AK 1 SMK Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020” Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus.Subjek penelitian adalah siswa kelas XI AK 1 SMK Negeri 6 Medan yang berjumlah 36 siswa.Objek yang diteliti adalah upaya meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi dengan menggunakan model pembelajaran Artikulasi. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes,lembar observasi aktivitas siswa,lembar observasi aktivitas guru,serta lembar situasi dan kondisi kelas selama proses pembelajaran berlangsung.Nilai ulangan harian awal terdapat 47,22% yang tuntas dengan nilai rata-rata 70,55,pada siklus I terdapat 66,67% yang tuntas dengan nilai rata-rata 75,kemudian pada siklus II terdapat 88,89% yang tuntas dengan nilai rata-rata 78,89.Dengan demikian ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Artikulasi,dimana hasil belajar ini tentu nantinya akan mempengaruhi prestasi belajar mereka masing-masing. Berdasarkan observasi, penelitian, pembahasan serta analisis data yang akan diuraikan pada skripsi ini, dapat disimpulkan bahwa pelajaran Akuntansi dengan model pembelajaran Artikulasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri 6 Medan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5921
Appears in Collections:Accounting Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ELIDA.pdf809.67 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.