Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5897
Title: PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI MEDIA BELAJARDAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMK TRITECH INFORMATIKA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Authors: Handayani, Arika
Keywords: Penggunaan Internet;Motivasi Belajar;Hasil Belajar
Issue Date: Sep-2019
Abstract: Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan internet sebagai media belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa SMK Tritech Informatika Medan 2018/2019.Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Popolasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Ak yang berjumlah 56 orang, sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan angket dan dokumentasi. Uji validitas yang analisis butir angket menggunakan rumus korelasi product moment, teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t dan uji F.Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program SPSS 20, diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 4,078 + 0,027X1+ 0,031X2 selanjutnya variabel penggunaan internet (X1) memiliki pengeruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap hasil belajar (Y) dengan nilai thitung>ttabel(2,035 > 1,674) dan nilai sig (0,047 < 0,05). Sementara motivasi belajar (X2) juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai thitung>ttabel(2,358> 1,674) dan nilai sig (0,022 < 0,05). Secara bersama-sama penggunaan internet dan motivasi belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai Fhitung > Ftabel (4,554 > 3,17) dengan nilai sig ( 0,015 < 0,05). Persentase sumbangan pengaruh penggunaan internet sebagai media belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar adalah 15%.Adanya penggunaan internet sebagai media belajar dan motivasi belajar secara efektif akan membuat siswa lebih giat untuk belajar lagi. Selain itu adanya kebersamaan antara pihak sekolah dan orangtua sangat perlu adanya untuk mengetahui bagaimana kondisi belajar siswa dirumah dan disekolah
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5897
Appears in Collections:Accounting Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ARIKA.pdf10.95 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.