Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5871
Title: PENGARUH SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMK ISTIQLAL DELI TUA TAHUN AJARAN 2019 / 2020
Authors: Yurika
Keywords: Sumber Belajar;Hasil Belajar
Issue Date: Sep-2019
Abstract: Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya hasil belajar akuntansi siswa dan penggunaan sumber belajar yang terbatas pada saat proses terjadinya kegiatan pembelajaran pada kelas X AK SMK Istiqlal Delitua”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sumber belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa pada pokok bahasan persamaan dasar akuntansi siswa kelas X AK SMK Istiqlal Delitua Tahun Ajaran 2019 /2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Istiqlal Delitua yang beralamat Jalan Stasiun No. 1 A Desa Suka Makmur, Kecamatan Delitua, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20355. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X AK yang terdiri dari satu kelas yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling sehingga ditetapkan sampel yang digunakan adalah seluruh kelas X AK yang berjumlah 36 siswa sebagai sampel penelitian. Instrument penelitian yang digunakan adalah terdiri dari 20 item kuesioner sumber belajar dan tes hasil belajar 5 soal essay yang terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil validitas tes di peroleh nilai korelasi sebesar 0,484 dengan demikian instrument tersebut valid sebagai alat untuk pengumpulan data. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji Kolmogorov – Smirnov Goodness of Fit Tes untuk mengetahui normalitas data hasil belajar dan teknik regresi dari korelasi dimana pengujian signifikansi koefisien digunakan uji t. Persamaan regresi linear sebesar Y = 60,240 + 0,224X. Uji hipotesis yang diperoleh adalah thitung sebesar 2,978 Berdasarkan uji t maka thitung > ttabel pada signifikansi alpha 0,05 sebesar 1,691 jauh lebih kecil dari pada dengan thitung sebesar 2,978, yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa “ Ada pengaruh sumber belajar terhadap hasil belajar siswa SMK Istiqlal Delitus Tahun Ajaran 2019 / 2020”.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5871
Appears in Collections:Accounting Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI YURIKA.pdf8.8 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.