Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5807
Title: PENGARUH METODE TALQIN TERHADAP KUALITAS TAHFIZ ALQURAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH INSAN CITA MEDAN
Authors: Sakirah
Keywords: Metode Talqin;Kualitas Tahfiz
Issue Date: Mar-2019
Abstract: Adapun tujuan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode talqin terhadap kualitas tahfiz Alquran siswa di Madrasah Tsanawiyah Insan Cita Medan. Adapun pengertian dari metode talqin itu sendiri adalah suatu cara dimana seorang mentalqinkan bacaan atau mendiktekan bacaan ayat Alquran kepada yang ditalqin kemudian yang ditalqin mengikuti mengulang kembali bacaan ayat yang telah ditalqinkan dengan menggunakan pengulangan tertentu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti ekstrakurikuler tahsin Alquran sebanyak 184 siswa dan sampel yang diambil sebesar 23 siswa. Penelitian ini dilakukan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket, unjuk kerja, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana yaitu terdapat tiga langkah yaitu : uji normalitas, uji regresi linear dan uji t. Sebelum melakukan analisis regresi linear sederhana terlebih dahulu data diuji validitas dan reabilitasnya. Penelitian ini memproleh kesimpulan bahwa nilai π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘”sebesar 5,577 > (lebih besar) dari nilai π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™2,080, sehingga dapatdisimpulakan bahwa variabel (X) berpengaruh terhadap variabel (Y). Artinya Ho ditolak dan Ha diterima karena ada pengaruh metode talqin terhadap kualitas hafalan/tahfiz Alquran siswa di Madrasah Tsanawiyah Insan Cita Medan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5807
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_SAKIRAH.pdf5.15 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.