Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5784
Title: IMPLEMENTASI MODEL EXPLICIT INTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 57 MEDAN
Authors: Septia, Dwi Era
Keywords: Salat Wajib;Model Explicit Intruction
Issue Date: Mar-2019
Abstract: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 57 Medan, menunjukkan adanya kendalanya yang salah satunya adalah rendahnya hasil belajar siswa, Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui model Explicit Intruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih materi Salat Wajib kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Medan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah Seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Medan yang berjumlah 28 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan tes tertulis. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan langkah-langkah : a). Menyusun rencana kegiatan. b). Pelaksanaan tindakan. c). Observasi. d). Refleksi. Akhir refleksi pada siklus kedua menunjukkan bahwa tujuan penelitian telah tercapai sehingga penelitian dihentikan pada siklus kedua. Penelitian menunjukkan bahwa model Explicit Intruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Medan. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari prasiklus yang menyatakan bahwa pada test awal nilai yang diperoleh siswa masih rendah dengan nilai rata-rata 66,7 dan tingkat keberhasilan siswa terdapat 9 orang siswa ketercapaian test awal nilai hasil belajar siswa mencapai 32%, setelah diadakan perbaikan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas mencapai 67,7 dan tingkat keberhasilan siswa terdapat 11 orang siswa dari 28 siswa ketercapaian test awal nilai hasil belajar siswa mencapai 39%. Berarti secara klasikal belum mencapai keberhasilan dalam belajar. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas mencapai 84,28, keberhasilan dalam belajar siswa terdapat 26 orang siswa yang tuntas, berarti tingkat ketercapaian hasil belajar siswa mencapai 92% secara keseluruhan sudah mencapai keberhasilan belajar. Penelitian ini bermanfaat untuk guru sebagai masukan agar dapat memperbaiki proses belajar mengajar sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5784
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
adek kurniawan.pdf8.21 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.