Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5781
Title: KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF HAIDAR PUTRA DAULAY
Authors: Ulhaq, Nida
Keywords: Konsep;Pendidikan Islam;Haidar Putra Daulay
Issue Date: Oct-2019
Abstract: Tujuan penelitian dalam skripsi ini untuk mengetahui konsep pendidikan Islam dalam perspektif Haidar Putra Daulay. Untuk merealisasikan konsep pendidikanIslam, diperlukan perencanaan pendidikan yang meliputi: pertama, kelembagaan, kedua kurikulum, ketiga manajemen, keempat pendidik, kelima peserta didik, keenam alat. Fakta menunjukkan bahwa saat ini pendidikan Islam sekarang telah kehilangan hakikat dan identitasnya terhadap tujuan hidup manusia karena konsep yang dipakai belum mencerminkan nilai Islam terhadap moral anak bangsa. Hal ini mengangkat gagasan Haidar Putra Daulay yang merupakan tokoh yang memilih gagasan gemilang diduia akademis.Peneltian inimerupakan penelitian kualitatif dan ini termasuk dalam kategori penelitian Studi Tokoh, yaitu penelitian kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan karya-karyta Haidar Puta Daulay yang dijadikan sebagai data, kemudian diminta penguatan terhadap tokoh melalui wawancara yang ada hubungannya dengan objek peneltian ini.Konsep pendidikan Islam menurut Haidar Putra Daulay pada dasarnya terletak pada tubuh pendidikan Islam itu sendiri. Focus utamanya terletak pada tumbuhnya kepintaran peserta didik, peserta didik diharapkan memperbaiki diri terus-menerus, dengan menanamkan dan mengamalkan akhlak mulia di dalam dirinya. Sebagai pendidik memiliki tanggung jawab menyampaikan ilmunya kepada peserta didik dengan ikhlas, menanamkan nilai-nilai kebaikan, dan melatih keterampilan hidup peserta didik.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5781
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Full - NIDA ULHAQ - 1401020012.pdf5.77 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.