Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5779
Title: ANALISIS PENERAPAN METODE WORD SQUERE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS TELADAN MEDAN
Authors: Br. Sinulingga, Eva Diana
Keywords: Metode Word Squere;Hasil belajar;Mata Pelajaran Fiqih
Issue Date: Mar-2019
Abstract: Penelitian ini di buat karena penerapan metode yang tidak sempurna dalam pelaksanaannya, terdapat langkah penerapan yang tidak sesuai dengan langkah penerapan metode Word Squere pada umumnya, sehingga menyebabkan siswa kurang aktif dan berimbas pada rendahnya hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif, dengan pendekatan deskritif. Penelitian kualitatif memperhatikan proses, pristiwa yang sedang berlangsung. Rumusan masalahnya adalah, bagaimana perencanaan, penerapan dan faktor pendukung serta penghambat penerapan metode Word Squere. Jenis data yang digunakan adalah data primer merupakan data yang didapat secara langsung dari sember data pertama, unit analisisnya adalah Guru mata pelajaran Fiqih dan siswa kelas VIII MTs Teladan Medan. Dan sumber data sekunder yang berasal dari dokumen lama atau Tata Usaha MTs Teladan Medan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan penerapan Metode Word Squere sudah tergolong baik, terbukti dengan adanya guru melakukan persiapan dengan mencocokkan materi dan menyusun RPP serta ukuran target akhir yaitu KKM hasil belajar. Namun pada tahap pelaksanaan langkah-langkah metode Word Squere tergolong belum sempurna, masih ada langkah yang tidak sesuai dengan langkah penerapan metode Word Squere pada umumnya, dan faktor pendukung penerapan metode Word Squere yaitu adanya buku pegangan pada masing-masing siswa serta faktor penghambat kurangnya media dan kesulitan guru dalam menghadapi perbedaan individu peserta didik.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5779
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi full eva baru.pdf3.37 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.