Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5382
Title: PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMBINATORIK DAN MINAT SISWA PADA PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN ALAT PERAGA DI KELAS XII SMK ISTIQLAL DELITUA
Authors: NURJANNAH RIFAI, ITSNA
Keywords: Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning;Model Pembelajaran Realistics Mathematics Education;Kemampuan Kombinatorik, Minat Belajar Siswa
Issue Date: 11-Mar-2020
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan adanya perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kombinaotirk siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan dengan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan alat peraga, (2) Mendeskripsikan tidak adanya perbedaan yang signifikan terhadap minat belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan dengan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan alat peraga, (3) Mendeskripsikan tidak adanya pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan kombinatorik siswa, (4) Mendeskripsikan adanya pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian perbandingan dengan perlakuan pembelajaran menggunakan model Contextual Teaching and Learning berbantuan alat peraga dan pembelajaran dengan menggunakan model Realistic Mathematics Education. Oleh karena itu, dalam memberikan perlakuan tidak memungkinkan untuk mengontrol dan mengendalikan semua variabel yang relevan, kecuali beberapa dari variabel tersebut diatas, maka penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Istiqlal Delitua. Sedangkan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling purposif (purposive sampling). Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII-TKJ 3 dan kelas XII-TKJ 4. Kelas eksperimen 1 sejumlah 25 siswa dan kelas eksperimen 2 sejumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data adalah metode dokumentasi, metode angket dan metode tes. Instrumen penelitian adalah tes kemampuan berpikir kombinatorik dan angket minat siswa. Prasyarat uji analisis dilakukan uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji Shapiro-Wilk, uji homogenitas menggunakan uji Levene Statistic dengan statistik Uji Paired Samples Correlations, dan uji Paired Samples T Test. Teknik analisis data menggunakan anova dua jalur dengan tingkat signifikan sebesar 5 %.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5382
Appears in Collections:Masters in Mathematics Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Tesis PDF.pdf7 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.