Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5380
Title: Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Materi Pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel untuk Siswa/i MTs Negeri 3 Medan T.P 2020/2021
Authors: Syafitri, Tia
Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD;Perangkat Pembelajaran;Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)
Issue Date: 4-Mar-2020
Abstract: Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) merupakan materi dalam pembelajaran matematika yang berhubungan dengan perniagaan atau jual beli dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dibutuhkan perangkat pembelajaran yang dapat mempermudah peserta didik dalam mempelajari SPLDV salah satunya melalui LKPD. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan konsep matematika yang terdapat pada LKPD dan mengetahui apakah LKPD layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika pada materi SPLDV. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D dengan tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), tahap penyebaran (disseminate). Karena keterbatasan waktu, penelitian melakukan hingga tahap pengembangan (develop). Hasil peneliti ini berupa perangkat pembelajaran LKPD pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel untuk peserta didik MTs Negeri 3 Medan kelas VIII-4. Karakteristik LKPD yang dikembangkan adalah : (1) berbentuk media cetak, (2) dikembangkan menggunakan kalimat yang sederhana dan desain yang menarik, (3) mengutamakan keterlibatan peserta didik berdasarkan kegiatan peserta didik yang dirancang dalam LKPD, (4) menyajikan masalah-masalah realistik yang berhubungan dengan materi Sistem Persamaan Linear dua Variabel yang berhubungan dengan LKPD. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan peneliti memenuhi karakteria layak atas dasar skor penelitian RPP, LKPD, dan Perangkat Penilaian oleh satu dosen ahli dan dua guru matematika berturut-turut adalah 3,88; 3,57; 3,75 pada skala 5. Tes hasil belajar menunjukkan persentase ketuntasan peserta didik sebesar 88,75% termasuk dalam kriteria “sangat tinggi” yaitu berada pada kisaran 85%-100%.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5380
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_TIA SYAFITRI.pdf2.17 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.