Abstract:
Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) merupakan materi dalam
pembelajaran matematika yang berhubungan dengan perniagaan atau jual beli
dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dibutuhkan perangkat pembelajaran yang
dapat mempermudah peserta didik dalam mempelajari SPLDV salah satunya
melalui LKPD. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan
konsep matematika yang terdapat pada LKPD dan mengetahui apakah LKPD
layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika pada materi SPLDV.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model
pengembangan 4-D dengan tahap pendefinisian (define), tahap perancangan
(design), tahap pengembangan (develop), tahap penyebaran (disseminate). Karena
keterbatasan waktu, penelitian melakukan hingga tahap pengembangan (develop).
Hasil peneliti ini berupa perangkat pembelajaran LKPD pada materi Sistem
Persamaan Linear Dua Variabel untuk peserta didik MTs Negeri 3 Medan kelas
VIII-4. Karakteristik LKPD yang dikembangkan adalah : (1) berbentuk media
cetak, (2) dikembangkan menggunakan kalimat yang sederhana dan desain yang
menarik, (3) mengutamakan keterlibatan peserta didik berdasarkan kegiatan
peserta didik yang dirancang dalam LKPD, (4) menyajikan masalah-masalah
realistik yang berhubungan dengan materi Sistem Persamaan Linear dua Variabel
yang berhubungan dengan LKPD. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan
peneliti memenuhi karakteria layak atas dasar skor penelitian RPP, LKPD, dan
Perangkat Penilaian oleh satu dosen ahli dan dua guru matematika berturut-turut
adalah 3,88; 3,57; 3,75 pada skala 5. Tes hasil belajar menunjukkan persentase
ketuntasan peserta didik sebesar 88,75% termasuk dalam kriteria “sangat tinggi”
yaitu berada pada kisaran 85%-100%.