Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5292
Title: Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Melalui Metode Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Smp Muhammadiyah 49 Medan
Authors: Tarmizi
Keywords: engmbangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) melalui metode pendekatan kontekstual;kemampuan koneksi matematika siswa
Issue Date: 20-Mar-2020
Abstract: Lenbar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa SMP Muhammadiyah 49 Medan. Skripsi Pendidikan Matematika Program Serjana Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.2020. Penelitian bertujuan untuk: (1) memperoleh perangkat pembelajaran berupa lembar kerja peserta didik (lkpd) yang valid dan efektif, (2) mengetahui bagaimana kevaliditasi kemampuan koneksi matematika siswa dengan perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui metode pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Hasil tahap pendefinisian digunakan untuk merancang perangkat pembelajaran, selanjutnya draf hasil rancangan divalidasi dan diuji coba untuk melihat efektivitas perangkat pembelajaran.. Uji coba dilakukan pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 49 Medan. Uji Coba dilakukan sebanyak satu kali pada satu kelas. Dari hasil pengembangan ini diperoleh bahwa: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas RPP = 4,55, LKPD = 4,69; (2) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif, dilihat dari ketercapaian ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa dalam batas toleransi yang ditetapkan dan respon siswa terhadap pembelajaran dalam kategori baik; dan (3) Persentase peningkatan kemampuan koneksi matematika siswa pada uji coba adalah 94%
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5292
Appears in Collections:Mathematics education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.