Abstract:
Lenbar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Menggunakan Pendekatan
Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa SMP
Muhammadiyah 49 Medan. Skripsi Pendidikan Matematika Program Serjana
Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.2020. Penelitian
bertujuan untuk: (1) memperoleh perangkat pembelajaran berupa lembar kerja
peserta didik (lkpd) yang valid dan efektif, (2) mengetahui bagaimana kevaliditasi
kemampuan koneksi matematika siswa dengan perangkat pembelajaran yang
dikembangkan melalui metode pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan
penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D
yang
terdiri
dari
empat
tahap
yaitu
pendefinisian,
perancangan,
pengembangan
dan
penyebaran.
Hasil
tahap
pendefinisian
digunakan
untuk
merancang
perangkat
pembelajaran,
selanjutnya draf hasil rancangan divalidasi dan diuji coba untuk
melihat efektivitas perangkat pembelajaran.. Uji coba dilakukan pada siswa kelas
VII SMP Muhammadiyah 49 Medan. Uji Coba dilakukan sebanyak satu kali pada
satu kelas. Dari hasil pengembangan ini diperoleh bahwa: (1) Perangkat
pembelajaran yang dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas RPP =
4,55, LKPD = 4,69; (2) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif,
dilihat dari ketercapaian ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa dalam batas
toleransi yang ditetapkan dan respon siswa terhadap pembelajaran dalam kategori
baik; dan (3) Persentase peningkatan kemampuan koneksi matematika siswa pada
uji coba adalah 94%