Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5152
Title: Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMA Al-Hikmah Tahun Pelajaran 2020/2021
Authors: Harsah, Yuni
Keywords: Efektivitas;Hasil Belajar Matematika;Model Rotating Trio Exchange
Issue Date: 13-Aug-2020
Abstract: Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelejaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Al- Hikmah Tahun Pelajaran 2020/2021. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelejaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Al- Hikmah Tahun Pelajaran 2020/2021 Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang terdiri dari pre-test dan pos-test. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Al-Hikmah yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 60 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil seluruh siswa karena populasinya kurang dari 100 orang. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh : maka dapat dilihat Ho ditolak artinya tingkat belajar matematika pada kelas eksperimen lebih tinggi dari hasil belajar matematika ada kelas kontrol. Pada uji N-Gain diperoleh : nilai hasil belajar matematika pada kelas kontrol adalah sebesar 0,5 dan termasuk dalam kriteria sedang,sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 0,7 dan termasuk kedalam kriteria tinggi. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Rotating Trio Exchange efektif terhadap hasil belajar siswa SMA Al-Hikmah Tahun Pelajaran 2020./2021
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5152
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI YUNI HARSAH .pdf4.34 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.