Abstract:
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah
model pembelejaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange efektif terhadap
hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Al- Hikmah Tahun Pelajaran
2020/2021.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model
pembelejaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange efektif terhadap hasil
belajar matematika siswa kelas XI SMA Al- Hikmah Tahun Pelajaran 2020/2021
Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang terdiri dari
pre-test dan pos-test. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Al-Hikmah yang terdiri dari 2
kelas yang berjumlah 60 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan
mengambil seluruh siswa karena populasinya kurang dari 100 orang.
Berdasarkan hasil uji-t diperoleh :
maka dapat dilihat Ho ditolak artinya tingkat belajar matematika pada
kelas eksperimen lebih tinggi dari hasil belajar matematika ada kelas kontrol.
Pada uji N-Gain diperoleh : nilai hasil belajar matematika pada kelas kontrol
adalah sebesar 0,5 dan termasuk dalam kriteria sedang,sedangkan pada kelas
eksperimen sebesar 0,7 dan termasuk kedalam kriteria tinggi. Dari hasil diatas
dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Rotating Trio Exchange efektif
terhadap hasil belajar siswa SMA Al-Hikmah Tahun Pelajaran 2020./2021