Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5149
Title: Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Co-op Co-op dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Muhammadiyah 06 Medan Tahun Pelajaran 2020/2021
Authors: Agustina
Keywords: Efektivitas;Pemahaman Konsep Matematika;Model Pembelajaran Co-op Co-op
Issue Date: 13-Aug-2020
Abstract: Tujuan Peneliti ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Co-op Co-op efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa SMP Muhammadiyah 06 Medan Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Muhammadiyah 06 Medan Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 180 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1 yang berjumlah 30 siswa, pada sesi pertama 15 orang dari no absen 1 sampai no absen 15 sebagai kelas kontrol dan pada sesi kedua 15 siswa dari no absen 16 sampai no absen 30 sebagai kelas eksperimen. Pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung sedangkan pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Co-op Co-op.Instrumen yang digunakan berbentuk tes soal dengan menggunakan kelas VIII-2 pada sesi pertama yang berjumlah 15 orang sebagai uji instrument. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan antara rata-rata hasil pemahaman konsep siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung dengan model pembelajaran Co-op Co-op dilihat berdasarkan uji N-Gain ternormalisasi pada kelas kontrol sebesar 0,2 tergolong rendah dan kelas eksperimen sebesar 0,6 yang tergolong sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Co-op Co-op efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 06 Medan Tahun Pelajaran 2020/2021
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5149
Appears in Collections:Masters in Mathematics Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Agustina_1602030036.pdf5.5 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.