Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5103
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dan Model Ceramah Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Pada Siswa Kelas X SMK Swasta Budisatrya Medan
Authors: Lestari, Sri
Keywords: Model Think Talk Write;Model Ceramah;Teks Eksposisi
Issue Date: 2020
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Swasta Budisatrya Medan yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write; (2) kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Swasta Budisatrya Medan yang belajar dengan menggunakan model ceramah; (3) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Swasta Budisatrya Medan. Penelitian dilaksanakan di SMK Swasta Budisatrya Jalan Letda Sujono No.166 Kecamatan Medan Tembung Kota Medan Provinsi Sumatera Utara dengan jumlah populasi penelitian 123 orang dan sampel penelitian ini berjumlah 57 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan uji Independent Sample Test berbantuan aplikasi SPSS 24 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Budisatrya Medan yang belajar dengan model TTW berada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata sebesar 66,78. Kemampuan menulis teks eksposisi siswa yang belajar dengan model ceramah berada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata sebesar 60,68. Berdasarkan hasil uji independent sample test, diketahui bahwa model TTW berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa dengan nilai sig. 0,013 < 0,05.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5103
Appears in Collections:Indonesian Language Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.