Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5037
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP swasta Rahmat Islamiyah
Authors: Nurasima, Ida Fitri
Keywords: Pengaruh;Model Pembelajaran Value Clarification Technique(VCT), Hasil Belajar
Issue Date: 20-Aug-2020
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di Smp Swasta Rahmat Islamiah. Populasi yang di ambila dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di Smp Swasta Rahmat Islamiah sebanyak 144 siswa. Sampel ini di ambil dengan penentuan sampel secara acak (random sampling) dengan memeprtimbangkan bahwa tidak ada kelas yang di unggulkan dan sudah di uji homogennya. Pada penelitian ini kelas eksperimen di lakukan di kelas VIII A dengan menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dan di kelas kontrol adalah kelas VIII D dengan menggunakan model pembelajaran konvensiona. Penelitian ini di lakukan dengan menggunakan desain eksperimen kuasi dalam bentuk pretest-posttest. Pengujian hipotesis menggunakan uji t. setelah peneitian dilakukan maka di dapat rata-rata hasil belajar siswa sesudah pembelajaran pada post-test di kelas eksperimen sebesar 81,03 dan di kelas kontrol sebesar 74,23.Dari hasil analisis uji normalitas data post-test di kelas eksperimen menunjukkan Lhitung < L tabel (0,11000 < 0,1418 ) maka dapat disimpulkan bahwa data setelah pembelajaran tersebut berdistribusi normal pengujian homogenitas pada saat post-test dimana 1,38 < 1,72 dari hasil uji tersebut kelas dinyatakan homogeny. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh harga t hitung > t tabel yaitu 3,04 > 1,665 15 dengan taraf signifikasi 5% ( ꭤ = 0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran value clarification technique memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMP swasta Rahmat Islamiyah tahun ajaran 2019/2020
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5037
Appears in Collections:Islamic Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.