Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5010
Title: Penerapan Metode Qiraati Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadis Di Mts 15 Muhammadiyah
Authors: Nurhaliza, Agustina
Keywords: Metode Qiraati;Pelajaran Al-Quran Hadis
Issue Date: 24-Jul-2020
Abstract: Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan pembelajaran Al-Quran hadis dengan menggunakan metode qiraati di Mts 15 Muhammadiyah, untuk mengetahui faktor pendukung penerapan metode qiraati pada pembelajaran Al-Quran hadis, untuk mengetahui faktor penghambat penerapan metode qiraati pada pembelajaran Al-Quran hadis. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode qiraati dalam pembelajaran Al-Quran hadis harus merencanakan segala sesuatu dalam proses pembelajaran. Perencanaan berbentuk rencana proses pembelajaran, materi Al-Quran hadis, media dan alat peraga. Pelaksanaan meliputi tahap pendahuluan, kegiatan inti, mengadakan tanya jawab, terakhir evaluasi harian dan evaluasi ujian akhir semester. Faktor pendukung dari pembelajaran Al-Quran hadis dengan metode qiraati sarana prasarana, kualitas guru dalam memahami metode qiraati, keaktifan siswa selama pembelajaran. Faktor penghambatnya yaitu berbedanya kemampuan siswa dalam menerima pelajaran, kondisi lingkungansekitar siswa, perbedaan latar belakang siswa, dan jumlah jam pelajaran yang masih kurang.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5010
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nurhaliza Agustina 1601020026.pdf4.62 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.