Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5009
Title: Strategi Pembiasaan Membaca Al-Quran Sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di MAS Plus Al-Ulum
Authors: Shafwan, Shofiya
Keywords: Strategi Pembiasaan;Membaca Al-Quran
Issue Date: 27-Jun-2020
Abstract: Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan strategi pembiasaan membaca Al-Quran dan mengetahui faktor yang mempengaruhi dalam pelaksanaan strategi pembiasaan membaca Al-Quran sebelum kegiatan belajar mengajar (KBM) di MAS Plus Al-Ulum. MAS Plus Al-Ulum adalah salah satu madrasah yang melakukan budaya pembiasaan membaca Al-Quran sebelum kegiatan belajar mengajar, yang dilakukan selama 15 menit, dipimpin oleh guru les pertama. Jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskritif. Penelitian ini memperhatikan proses dan peristiwa yang sedang berlangsung. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif dengan menggunakan tiga tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber datanya yaitu data primer merupakan data yang didapat secara langsung dari sumber data pertama yaitu kepala madrasah, guru tahfidz dan siswa kelas X. Sumber data sekunder, yang berasal dari dokumen lama atau tata usaha MAS Plus Al-Ulum. Hasil dari penelitianya adalah langkah-langkah yang diterapkan dengan sedikit modifikasi. Dimulai dari membaca Al-Quran bersama atau bergiliran tergantung intruksi dari guru, sambil menyimak setelah itu pendidik memberikan motivasi, diakhiri dengan siswa membaca doa khataman quran bersama. Faktor pendukungnya adalah tersedia AlQuran di setiap kelas, lingkungan yang kondusif, pendidik yang mempunyai kemampuan tajwid dan diadakan khataman Quran saat kelas XII. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya alokasi waktu dan latar belakang menyebabkan kemampuan membaca Al-Quran siswa berbeda-beda
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5009
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Shofiya Shafwan 1601020036.pdf5.43 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.