Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4800
Title: Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Rasional Emotif Untuk Meningkatkan Kematangan Emosional Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 01 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020
Authors: Anggraini, Dian
Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok;rasional emotif;Kematangan emosional
Issue Date: 6-Aug-2020
Abstract: Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana layanan bimbingan kelompok dengan teknik rasional emotifuntuk meningkatkan kematangan emosional siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 01 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui layanan bimbingan kelompok dengan teknik rasional emotifuntuk meningkatkan kematangan emsoional siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 01 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Objek penelitian ini sebanyak 9 siswa kelas VIII yang memiliki ciri-ciri kematangan emosionalnya rendah. Sample yang digunakan adalah teknikpurposive sampling. Instrumentasi pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya layanan bimbingan kelompok dengan teknik rasional emotif dapat mampu meningkatkan kematangan emosional siswa. Hal itu terlihat dari hasi analisis peneliti dengan melihatsiswamenjawab pertanyaan yang peneliti berikan di dalam lampiran laiseg. Pada hasil laiseg yang penelitian dapat gambarkan bahwa kematangan emosional nya meningkat. Dikarenakan siswa tersebut sudah bisa memahami apa saja materi tentang kematangan emosional sehingga dapat mengontrol emosi nya dalam kehidupan sehari hari
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4800
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI DIAN ANGRAINI FINISH NEW.pdf1.43 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.