Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana layanan bimbingan
kelompok dengan teknik rasional emotifuntuk meningkatkan kematangan
emosional siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 01 Medan Tahun
Pembelajaran 2019/2020. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
layanan bimbingan kelompok dengan teknik rasional emotifuntuk meningkatkan
kematangan emsoional siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 01 Medan
Tahun Pembelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode penelitian deskriptif. Objek penelitian ini sebanyak 9 siswa kelas
VIII yang memiliki ciri-ciri kematangan emosionalnya rendah. Sample yang
digunakan adalah teknikpurposive sampling. Instrumentasi pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya layanan
bimbingan kelompok dengan teknik rasional emotif dapat mampu meningkatkan
kematangan emosional siswa. Hal itu terlihat dari hasi analisis peneliti dengan
melihatsiswamenjawab pertanyaan yang peneliti berikan di dalam lampiran laiseg.
Pada hasil laiseg yang penelitian dapat gambarkan bahwa kematangan emosional
nya meningkat. Dikarenakan siswa tersebut sudah bisa memahami apa saja materi
tentang kematangan emosional sehingga dapat mengontrol emosi nya dalam
kehidupan sehari hari