Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4743
Title: Analisis Pemasaran Usahatani Kakao (Theobroma Cacao L) (Studi Kasus: Desa Namomirik, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang)
Authors: Sinaga, Ananda
Keywords: Pemasaran;Efisiensi Pemasaran;Usahatani kakao;Saluran Pemasaran
Issue Date: 4-Mar-2020
Abstract: Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1). Mengetahui saluran pemasaran kakao di daerah penelitian. 2). Mengetahui besar Margin saluran pemasaran kakao di daerah penelitian. 3). Mengetahui besar efisiensi pemasaran kakao di daerah penelitian. Kesimpulan diperoleh hasil sebagai berikut: 1). Saluran pemasaran didaerah penelitian terdiri dari dua saluran pemasaran, saluran pemasaran yang pertama dari petani ke pedagang pengumpul, dan pedagang pengumpul ke pabrik. Saluran pemasaran dua dari petani kepedagang agen kecil lalu dari agen kecil ke pedagangpengumpul (agen Besar) lalu dari pedagang pengumpul ke pabrik. 2). Biaya pemasaran terdiri dari biaya transportasi, tenaga kerja, dan biaya pengemasan untuk tiap-tiap lembaga pemasaran. Share margin yang di peroleh pada saluran I sebesar 88,9%. Share margin yang di peroleh pada saluran II sebesar 85,18% . 3). Efisiensi pemasaran pada saluran I sebesar 1,1% <50%, Efisiensi pemasaran pada saluran II sebesar 4,29%<50%.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4743
Appears in Collections:Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi full burning.pdf895.41 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.